MAKASSAR - Plt. Sekretaris Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Makassar, Zamhir Islamie Hatta didampingi oleh Kepala Sub Bagian Umum dan Kepegawaian, Aida Marindah Suandini beserta Kepala UPT Pelayanan Pajak Daerah dan Retribusi Daerah, Andi Amri Pratama menghadiri Seminar Akhir Survey Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) pada Bapenda Kota Makassar, yang bertempat di Ruang Rapat Lt. 2, Kantor Bapenda pada Rabu (8/10/2025).
Pelaksanaan seminar ini menjadi bagian dari upaya Bapenda Kota Makassar dalam mengevaluasi serta meningkatkan mutu pelayanan publik kepada masyarakat. Melalui survei IKM.
Bapenda berkomitmen memastikan seluruh aspek pelayanan, baik dari sisi kecepatan, ketepatan, maupun kenyamanan, dapat terus ditingkatkan untuk mendukung optimalisasi pendapatan daerah.
Kegiatan ini merupakan bagian dari upaya Bapenda Makassar dalam meningkatkan transparansi dan kualitas pelayanan publik melalui evaluasi berbasis data.
Dimana hasil survei yang dipaparkan tim FISIP Universitas Hasanuddin (Unhas) menjadi parameter penting dalam menilai sejauh mana masyarakat merasa puas terhadap layanan yang diberikan Bapenda.
Plt Sekretaris Bapenda Kota Makassar, Zamhir Islamie Hatta, mengapreasi kepada tim survei dari Unhas Makassar.
“Jadi hasil survei ini akan menjadi bahan evaluasi internal untuk memperbaiki berbagai aspek pelayanan, terutama dalam hal kemudahan akses dan kecepatan layanan publik,” ujar Zamhir Islamie saat dihubungi oleh pihak media dilansir dari laman Harian News pada, Senin (20/10/2025).
Sebelumnya, tim pelaksana survei IKM yang diketuai oleh Prof. Hasniati dari FISIP Unhas memaparkan hasil penelitian yang dilakukan selama beberapa bulan.
Survei ini mencakup berbagai dimensi pelayanan seperti kesesuaian prosedur, profesionalisme pegawai, kejelasan informasi, dan responsivitas terhadap keluhan masyarakat. Prof. Hasniati menjelaskan, pelaksanaan survei dilakukan secara independen dengan metode yang mengacu pada standar Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB).
“Kami menggunakan pendekatan ilmiah dan objektif untuk memastikan hasil survei benar-benar menggambarkan persepsi masyarakat terhadap kualitas layanan Bapenda,” ujarnya.
Sementara itu, Zamhir Islamie Hatta menambahkan bahwa hasil survei ini menjadi dasar penting untuk penyusunan strategi peningkatan pelayanan ke depan.
“Kami ingin memastikan masyarakat Makassar mendapatkan pelayanan terbaik dari Bapenda, dengan sistem yang cepat, mudah, dan akuntabel,” tegasnya.
Melalui kegiatan ini, Bapenda Makassar berharap dapat memperkuat kolaborasi antara pemerintah daerah dan perguruan tinggi dalam mewujudkan tata kelola pelayanan publik yang berkualitas, transparan, dan berorientasi pada kepuasan masyarakat. Seminar akhir IKM ini juga menjadi bentuk komitmen Bapenda Makassar untuk terus berinovasi dalam melayani warga kota dengan lebih baik.
Sekretaris Bapenda Hadiri Seminar Akhir Survey Indeks Kepuasan Masyarakat